Translate

Minggu, 12 November 2017

Jenis-Jenis Surat



Bagian-bagian surat resmi:

1. Kepala/kop surat, terdiri dari:
-          Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar.
-          Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil.
-          Logo instansi/lembaga.
2. Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan
3. Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
4. Hal, berupa garis besar isi surat
5. Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
6. Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
7. Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
                  8. Isi surat
(-Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan).
      9. Penutup surat
10. Penutup surat, berisi:
-           salam penutup
-           Jabatan
-          tanda tangan
-           nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
11. tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan.


Surat pribadi adalah surat yang dikirimkan seseoarang kepada orang lain atau suatu oarganisasi/instansi. Surat lamaran termasuk surat pribadi. Atau pengertian dari surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Sedangkan yang termasuk surat pribadi adalah :
Surat lamaran termasuk surat pribadi. Pengertian surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Sedangkan yang termasuk surat pribadi adalah :

Surat Keluarga
Surat keluarga adalah surat yang dibuat seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi atau keluarga.
Surat keluarga biasanya dibuat oleh anak kepada orangtuanya karena dalam perantauan (misalnya kuliah atau bekerja di tempat yang jauh), bisa juga surat dari saudara yang satu dengan yang lain dan berlainan tempat.

Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat seseorang ( pelamar ) yang ditujukan kepada kantor atau perusahaan tertentu guna mendapatkan pekerjaan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Untuk membuat surat lamaran pekerjaan perlu memperhatikan tahap-tahapnya
yaitu :
1. Sumber informasi
2. Pedoman penulisan
3. Lampiran yang diminta
4. Proses pengajuan surat lamaran

Surat Perijinan
Surat Perijinan adalah surat yang ditulis seseorang yang isinya menyangkut permohonan ijin kepada pihak tertentu untuk mendapatkan ijin yang dimaksudkan.
 Selain surat bersifat pribadi kepada instansi atau kantor tempat kerja seseorang, surat ijin juga diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pihak pihak tertentu apabila seseorang atau sebuah keluarga ingin mengadakan suatu kegiatan atau keramaian di masyarakat hal ini dimaksudkan agar jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pihak tersebut bisa ikut bertanggung jawab.
Contoh :
1. Surat ijin untuk tidak masuk kerja / sekolah
2. Surat ijin untuk mengadakan keramaian / hajatan kepada RT atau Lurah dan sebagainya


      Memo adalah pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Menurut pemakaiannya, memo ada yang bersifat resmi dan bersifat pribadi (tidak resmi). Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. Memo bersifat pribadi dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang memiliki hubungan akrab.
Ciri-ciri :
1.      Surat khusus yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi
2.      Dilihat dari peredarannya, sebuah kantor atau organisasi dapat menyampikan memo     secara horizontal maupun secara vertical
3.      Penyampian secara horizotal merupakan penyampian memo kepada pihak yang memiliki jabatan satara
4.      Penyampian secara vertikal merupakan penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu
5.      Merupa bentuk komuikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal
6.      Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama dalam isi surat.
7.      Karena pedarannya yang terbatas, memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos, secara lengkap.

Bentuk memo terdiri atas dua bagian:
1. Kepala Memo
o  Penerima
o  Pengirim
o  Perihal dan tanggal pengimin
o  Paraf dan nama terang pengirim
2. Isi, penulis langsung menyampikan pesan atau perintah dalam kalimat pendek dan lugas.

          Surat yang baik dan benar adalah surat yang disusun dan ditulis mengikuti syarat-syarat,yaitu :
1.                  Tidak mengandung makna ganda
2.                  Antara penerima dan pengirim memiliki maksud yang sama
3.                  Sederhana
4.                  Tepat menggunakan kata dalam pemakaiannya
5.                  Tulisannya tersusun rapi dan berurutan

1.                  Mengutamakan sama derajat
2.                  Tegas
3.                  Mudah dimengerti oleh pembaca
4.                  Menggunakan bahasa yang sopan
5.                  Jelas antara penulisan dan makna







1 komentar:

  1. Casinos in San Francisco - MapYRO
    Find Casinos in San Francisco, 서귀포 출장샵 CA near Santa Fe Casino 시흥 출장안마 and Fremont Street. Find 성남 출장마사지 the best San 양산 출장샵 Francisco casinos and resorts to choose 상주 출장안마 from.

    BalasHapus

Hubungan Pancasila dan Agama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Pancasila merupakan dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. Panca...