Bagian-bagian surat resmi:
1. Kepala/kop surat, terdiri dari:
1. Kepala/kop surat, terdiri dari:
-
Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf
kapital/huruf besar.
-
Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi
huruf besar dan kecil.
- Logo instansi/lembaga.
2. Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan
3. Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
4. Hal, berupa garis besar isi surat
5. Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
6. Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
7. Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
5. Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
6. Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
7. Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
8. Isi surat
(-Uraian isi berupa uraian
hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil,
terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah
menyesuaikan).
9. Penutup surat
10. Penutup surat, berisi:
- salam penutup
- Jabatan
- tanda tangan
- nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
11. tembusan surat, berupa
penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan.
Surat pribadi adalah surat
yang dikirimkan seseoarang kepada orang lain atau suatu oarganisasi/instansi.
Surat lamaran termasuk surat pribadi. Atau pengertian dari surat pribadi adalah
surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi.
Sedangkan yang termasuk surat pribadi adalah :
Surat lamaran termasuk surat
pribadi. Pengertian surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang
isinya menyangkut kepentingan pribadi. Sedangkan yang termasuk surat pribadi
adalah :
Surat Keluarga
Surat keluarga adalah surat
yang dibuat seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi atau keluarga.
Surat keluarga biasanya dibuat
oleh anak kepada orangtuanya karena dalam perantauan (misalnya kuliah atau
bekerja di tempat yang jauh), bisa juga surat dari saudara yang satu dengan
yang lain dan berlainan tempat.
Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah
surat yang dibuat seseorang ( pelamar ) yang ditujukan kepada kantor atau
perusahaan tertentu guna mendapatkan pekerjaan sesuai dengan lowongan pekerjaan
yang ditawarkan.
Untuk membuat surat lamaran
pekerjaan perlu memperhatikan tahap-tahapnya
yaitu :
1. Sumber informasi
2. Pedoman penulisan
3. Lampiran yang diminta
4. Proses pengajuan surat
lamaran
Surat Perijinan
Surat Perijinan adalah surat
yang ditulis seseorang yang isinya menyangkut permohonan ijin kepada pihak
tertentu untuk mendapatkan ijin yang dimaksudkan.
Selain surat
bersifat pribadi kepada instansi atau kantor tempat kerja seseorang, surat ijin
juga diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pihak pihak tertentu apabila
seseorang atau sebuah keluarga ingin mengadakan suatu kegiatan atau keramaian
di masyarakat hal ini dimaksudkan agar jika terjadi sesuatu hal yang tidak
diinginkan pihak tersebut bisa ikut bertanggung jawab.
Contoh :
1. Surat ijin untuk tidak
masuk kerja / sekolah
2. Surat ijin untuk mengadakan
keramaian / hajatan kepada RT atau Lurah dan sebagainya
Memo adalah pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Menurut pemakaiannya, memo ada yang bersifat resmi dan bersifat pribadi (tidak resmi). Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. Memo bersifat pribadi dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang memiliki hubungan akrab.
Ciri-ciri :
1. Surat khusus
yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi
2. Dilihat dari
peredarannya, sebuah kantor atau organisasi dapat menyampikan memo secara
horizontal maupun secara vertical
3. Penyampian
secara horizotal merupakan penyampian memo kepada pihak yang memiliki jabatan
satara
4. Penyampian
secara vertikal merupakan penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau
sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu
5. Merupa
bentuk komuikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu
hal
6. Memiliki
bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya,
terutama dalam isi surat.
7. Karena
pedarannya yang terbatas, memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor,
seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili,
dan kode
pos, secara lengkap.
Bentuk memo
terdiri atas dua bagian:
1. Kepala Memo
o Penerima
o Pengirim
o Perihal dan tanggal pengimin
o Paraf dan nama terang pengirim
2. Isi, penulis langsung menyampikan pesan atau
perintah dalam kalimat pendek dan lugas.
Surat yang baik dan benar
adalah surat yang disusun dan ditulis mengikuti syarat-syarat,yaitu :
1.
Tidak mengandung makna ganda
2.
Antara penerima dan pengirim memiliki maksud
yang sama
3.
Sederhana
4.
Tepat menggunakan kata dalam pemakaiannya
5.
Tulisannya tersusun rapi dan berurutan
1.
Mengutamakan sama derajat
2.
Tegas
3.
Mudah dimengerti oleh pembaca
4.
Menggunakan bahasa yang sopan
5.
Jelas antara penulisan dan makna
Casinos in San Francisco - MapYRO
BalasHapusFind Casinos in San Francisco, 서귀포 출장샵 CA near Santa Fe Casino 시흥 출장안마 and Fremont Street. Find 성남 출장마사지 the best San 양산 출장샵 Francisco casinos and resorts to choose 상주 출장안마 from.